Penyakit Kapal "KOROSI"
Assalamualaikum Wr Wb
Dengan izin Allah SWT kali ini saya akan berbagi informasi dan pengetahuan tentang penyakit kapal yang tidak disukai saya yaitu "cadet's"
Langsung saja bray..Apa itu "KOROSI" ?
Korosi adalah suatu reaksi redoks antara logam dengan berbagai zat yang ada di lingkungannya sehingga menghasilkan senyawa-senyawa yang tidak dikehendaki. Dalam kehidupan sehari-hari korosi kita kenal dengan sebutan perkaratan.
Korosi terjadi karena kita tahu kalau air laut itu asin dan mengandung garam, setahu saya sewaktu SMA saya pernah diajarkan guru bahwa penyebab karat mudah terjadi jika NaOH bertemu dengan O2 betul tidak..? Sedangkan atom-atom yang bermuatan positif dari logam (Fe+3) akan bereaksi dengan ion hydroxyl (OH-) membentuk ferri hidroksida [Fe(OH)3] yang dikenal sebagai karat.
sumber : http://willychandra41615110076mercubuana.blogspot.co.id/2015/10/artikel-pada-korosi-pada-kapal-b-aja.html |
Jenis – Jenis Korosi Pada Kapal Baja
Adapun korosi kapal baja dapat dibedakan menjadi menjadi 5 jenis
yaitu korosi merata, pelobangan, korosi tegangan, korosi erosi dan korosi
celah.
1. Korosi
Merata atau uniform corrosion adalah seluruh permukaan pelat terserang korosi biasanya
pada bagian pelat yang berada diatas garis air.
2. Korosi
Pelobangan (pitting corrosion), pada permukaan pelat terjadi lobang yang
semakin lama akan bertambah dalam dan akhirnya dapat menembus pelat kapal.
3. Korosi
Tegangan (stress corrosion), korosi pada bagian pelat yang memikul beban besar.
4. Korosi Erosi
(errosion corrosion), korosi yang terjadi pada material yang menerima tumbukan
partikel cairan yang mengalir dengan kecepatan tinggi.
5. Korosi Celah
(crevice corrosion), korosi yang terjadi pada celah, daerah jepitan, sambungan
dan daerah yang ditutupi binatang dan tumbuhan kecil.
Sampai saat ini untuk melindungi pelat badan kapal terhadap serangan korosi air laut masih menggunakan 3 (tiga) cara yaitu menghindari penyebab korosi, pelindungan secara aktif (Dengan metode Cathodic Protection) dan perlindungan secara pasif (Dengan proses pengecatan).
METODE CATHODIC PROTECTION merupakan metode yang sudah sangat lazim dilaksanakan untuk proteksi korosi pada lambung kapal, namun adakalanya hal ini tidak terlalu diperhatikan secara serius sehingga hasil yang diinginkan biasanya meleset dan tidak efisien. Salah satu metode cathodic protection adalah metode anode korban.
Adakalanya di lapangan ditemui pelat-pelat lambung kapal yang terserang korosi berat dikarenakan kurangnya anode korban yang dipasang. Oleh karena itu dalam penelitian ini akan di bahas mengenai kebutuhan pemasangan perlindungan katode untuk mencegah korosi pada lambung kapal di dalam media air laut, dimana dilakukan perbandingan katode yang sering digunakan yaitu Zinc Cathodic Protection (ZCP) dan Alumunium Cathodic Protection (ACP).
Itulah sekilas informasi tentang penyakit pada kapal alias karat semoga bermanfaat bagi agan agan sekalian. terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Salam 55
0 comments :
Post a Comment