Penyakit Kapal "KOROSI"

Thursday, January 5, 2017

Penyakit Kapal "KOROSI"


Assalamualaikum Wr Wb

Dengan izin Allah SWT kali ini saya akan berbagi informasi dan pengetahuan tentang penyakit kapal yang tidak disukai saya yaitu "cadet's" 

Langsung saja bray..

 Apa itu "KOROSI" ? 
        Korosi adalah suatu reaksi redoks antara  logam dengan berbagai zat yang ada di lingkungannya sehingga menghasilkan senyawa-senyawa yang tidak dikehendaki. Dalam kehidupan sehari-hari korosi kita kenal dengan sebutan perkaratan.

       Korosi terjadi karena kita tahu kalau air laut itu asin dan mengandung garam, setahu saya sewaktu SMA saya pernah diajarkan guru bahwa penyebab karat mudah terjadi jika NaOH bertemu dengan O2 betul tidak..?  Sedangkan atom-atom yang bermuatan positif dari logam (Fe+3) akan bereaksi dengan ion hydroxyl (OH-) membentuk ferri hidroksida [Fe(OH)3] yang dikenal sebagai karat. 


sumber : http://willychandra41615110076mercubuana.blogspot.co.id/2015/10/artikel-pada-korosi-pada-kapal-b-aja.html


Jenis – Jenis Korosi Pada Kapal Baja
Adapun korosi kapal baja dapat dibedakan menjadi menjadi 5 jenis yaitu korosi merata, pelobangan, korosi tegangan, korosi erosi dan korosi celah.
1.         Korosi Merata atau uniform corrosion adalah seluruh permukaan pelat terserang korosi biasanya pada bagian pelat yang berada diatas garis air.
2.         Korosi Pelobangan (pitting corrosion), pada permukaan pelat terjadi lobang yang semakin lama akan bertambah dalam dan akhirnya dapat menembus pelat kapal.
3.         Korosi Tegangan (stress corrosion), korosi pada bagian pelat yang memikul beban besar.
4.         Korosi Erosi (errosion corrosion), korosi yang terjadi pada material yang menerima tumbukan partikel cairan yang mengalir dengan kecepatan tinggi.
5.         Korosi Celah (crevice corrosion), korosi yang terjadi pada celah, daerah jepitan, sambungan dan daerah yang ditutupi binatang dan tumbuhan kecil.

Pencegahan Korosi Pada Kapal Baja

Sampai saat ini untuk melindungi pelat badan kapal terhadap serangan korosi air laut masih menggunakan  3 (tiga) cara yaitu menghindari penyebab korosi, pelindungan secara aktif (Dengan metode  Cathodic Protection) dan perlindungan secara pasif (Dengan proses pengecatan).
METODE CATHODIC PROTECTION merupakan metode yang sudah sangat lazim dilaksanakan untuk proteksi korosi pada lambung kapal, namun adakalanya hal ini tidak terlalu diperhatikan secara serius sehingga hasil yang diinginkan biasanya meleset dan tidak efisien. Salah satu metode cathodic protection adalah metode anode korban.

Adakalanya di lapangan ditemui pelat-pelat lambung kapal yang terserang korosi berat dikarenakan kurangnya anode korban yang dipasang. Oleh karena itu dalam penelitian ini akan di bahas mengenai kebutuhan pemasangan perlindungan katode untuk mencegah korosi pada lambung kapal di dalam media air laut, dimana dilakukan perbandingan katode yang sering digunakan yaitu  Zinc Cathodic Protection (ZCP) dan Alumunium Cathodic Protection (ACP).

Itulah sekilas informasi tentang penyakit pada kapal alias karat semoga bermanfaat bagi agan agan sekalian. terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Salam 55
 

0 comments :